Manfaat Jeruk Nipis

Siapa yang tidak mengenal buah jeruk nipis atau citrusaurantifolia dalam bahasa latin? Ya, bagaimana tidak, meski berukuran kecil, buah yang rasanya asam ini memiliki khasiat yang sangat besar—bukan saja untuk menambah rasa minuman yang menyegarkan, mempercantik kulit, tetapi juga untuk mengobati dan mencegah pelbagai penyakit.

Memang, ada begitu banyak jenis buah jeruk seperti jeruk keprok, jeruk manis, jeruk sitrun, jeruk sambal, jeruk mandarin, namun dari segi manfaat tidak ada yang bisa menandingi keungggulan buah yang satu ini.

Buah jeruk nipis mengandung banyak air dan vitamin C yang tinggi. Daun, buah, dan bunganya juga mengandung minyak terbang limonin dan linalool.

Di negara bermusim dingin, seperti di Belanda, manfaat jeruk nipis telah dikenal sejak berabad-abad silam.

Pun di Amerika Serikat, yang telah mengenal buah ini sejak jaman suku Indian kuno. Bahkan, mereka telah melakukan penelitian terhadap jeruk nipis, hasilnya: jeruk nipis kaya akan vitamin dan mengandung sejumlah mineral.

Jeruk nipis yang berkhasiat adalah jeruk nipis yang masih segar, berkulit tipis, serta berwarna hijau kekuningan. Selain buah, akar, daun, dan bunga jeruk nipis sering digunakan sebagai obat.

Buah jeruk nipis mengandung beberapa zat yang bermanfaat bagi tubuh, antara lain, asam sitrun, glukosa, lemak, minyak atsiri, vitamin C, kalsium, fosfor, belerang, dan asam amino. Inilah mengapa buah ini banyak digunakan sebagai obat.

Minyak atsiri daun jeruk nipis dapat menghambat pertumbuhan staphylococcus aureus (kuman pada kulit).

Air jeruk nipis dapat digunakan sebagai obat kumur pada penderita sakit tenggotokan. Bau harumnya membuat enak, sedap ketika kita berkumur. Kulitnya, bila ditahan di dalam mulut, bisa mengharumkan atau mengurangi bau mulut tak sedap dan mengatasi radang karena mengandung zat asam yang dapat mematikan kuman.

Karena berbagai kandungan minyak dan zat yang ada di dalamnya, jeruk nipis juga dimanfaatkan untuk mengatasi disentri, sembelit, ambeien, haid tak teratur, difteri, jerawat, kepala pusing atau vertigo, suara serak, batuk, bau badan, menambah nafsu makan, mencegah rambut rontok, ketombe, flu, demam, terlalu gemuk, amandel, penyakit anyang-anyangan (kencing terasa sakit), mimisan, dan radang hidung.

Buah jeruk nipis yang rasanya pahit, asam, sedikit dingin dan berkhasiat untuk menghilangkan sumbatan vital energi. Dapat digunakan sebagai obat batuk, peluruh dahak, peluruh keringat, dan membantu proses pencernaan.

Rasa jeruk nipis yang asam bisa membantu membersihkan nikotin yang terdapat pada gigi dan mulut perokok.

Kandungan limonin yang terdapat pada jeruk nipis dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah yang secara tidak langsung menurunkan hipertensi.

Dengan meminum air jeruk nipis secara teratur, tiap pagi, siang dan malam, akan terbangun kestabilan dan kerampingan badan.

Air jeruk nipis juga dapat mencegah batuk.

Tidak hanya itu, jeruk nipis dapat membuat pori-pori kulit menjadi lebih kecil dan melenyapkan lemak pada kulit yang berminyak.

Sedangkan daging buahnya bisa mengurangi panas pada perut.

Beberapa penyakit yang dapat diobati dengan buah jeruk nipis yakni: amandel, malaria, ambeien, sesak nafas, influenza, batuk; sakit panas, sembelit, terlambat haid, perut mules saat haid; disentri, perut mulas, perut mual, dan kelelahan. Selain itu, jeruk nipis juga bermanfaat mengurangi bau badan dan kerutan di bagian wajah.

1. Amandel

Bahan : 1 buah jeruk nipis, 1 1/2 rimpang kunyit sebesar ibu jari diparut dan 2 sendok makan madu.

Cara membuat: jeruk nipis diperas untuk diambil aimya, kunyit diparut dan diperas untuk diambil airnya, kemudian dioplos dengan madu dengan ditambah 1/2 gelas air, diaduk sampai merata, dan disaring.

Cara menggunakan: diminum 2 hari sekali secara teratur.

2. Malaria

Bahan: 1 buah jeruk nipis, 1 sendok makan kecap, garam secukupnya.

Cara membuat :jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, kemudian dioplos dengan bahan lainnya dan disaring.

Cara menggunakan: diminum tiap pagi menjelang sarapan.

3. Ambeien

Bahan: 2 – 4 potong akar jeruk nipis.

Cara membuat: direbus dengan 1 1/2 liter air sampai mendidih hingga tinggal 1 liter, kemudian disaring.

Cara menggunakan : diminum setiap sore secara teratur.

4. Sesak Nafas

Bahan: 1 buah jeruk nipis, 2 siung bawang merah, 1 butir telur ayam kampung, 1 sendok teh bubuk kopi, 1 potong gula batu.

Cara membuat: jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, bawang merah diparut kemudian dicampur dengan bahan lainnya dan diseduh dengan air panas secukupnya, diaduk sampai merata, kemudian disaring.

Cara menggunakan: diminum setelah makan pagi secara teratur.

5. Influenza

Bahan: 1 buah jeruk nipis, 1/2 sendok minyak kayu putih, kapur
sirih secukupnya.

Cara membuat: jeruk nipis dipanggang sejenak dan diperas untuk diambil airnya,kemudian dicampur dengan bahannya dan diaduk sampai merata, dan disaring.

Cara menggunakan: diminum 1 kali sehari secara teratur.

6. Batuk

a. Bahan: 1 buah jeruk nipis, 1 1/2 sendok kecap, garam secukupnya.

Cara membuat: jeruk nipis diperis untuk diambil airnya,

Cara menggunakan: diminum secara teratur 1 kali sehari selama sakit.

b. Bahan: 1 buah jeruk nipis, 1/4 sendok tepung biji buah pala, 1 sendok minyak kayu putih.

Cara membuat: jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, kemudian dioplos dengan bahan lainnya sampai merata.

Cara menggunakan: dipakai sebagai bedak dan dioleskan pada dada dan punggung.

7. Sakit panas

Bahan: 1 buah jeruk nipis, 1/2 sendok minyak kelapa, 1 sendok minyak kayu putih, 2-4 siung bawang merah yang dihaluskan.

Cara membuat: jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, kemudian dioplos dengan bahan lainnya sampai merata,

Cara menggunakan: dipakai sebagai kompres dan obat gosok untuk dada dan punggung.

8. Sembelit

Bahan: 1 buah jeruk nipis, 2 – 4 siung bawang merah, 1 sendok minyak kayu putih, buah asam secukupnya, 2 sendok air masak.

Cara membuat: jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan bahan lainnya dan dihaluskan bersama-sama.

Cara menggunakan: dioleskan di seluruh tubuh, terutama di seputar perut.

9. Terlambat datang bulan

Bahan : 1 buah jeruk nipis, 2 rimpang kunyit sebesar ibu jari, kapur sirih dan garam secukupnya.

Cara membuat: jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, kunyit diparut dan diperas untuk diambil airnya, kemudian semua bahan tersebut dicampur merata dan disaring.

Cara menggunakan: diminum 1 kali sehari.

10. Perut mules pada waktu haid datang bulan

Bahan: 1 buah jeruk nipis, 1 1/2 rimpang jahe sebesar ibu jari, 3 mata buah asam yang sudah masak, 1 potong gula kelapa.

Cara membuat : jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, jahe diparut, kemudian semua bahan tersebut dicampur dan diberi 3/4 gelas air masak dan disaring.

Cara menggunakan: diminum pada hari pertama haid.

11. Disentri

Bahan: 2 potong akar jeruk nipis.

Cara membuat: direbus dengan 2 1/2 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring.

Cara menggunakan: diminum 1 kali sehari.