Teh Hijau

Manfaat teh hijau sungguh beragam mulai dari menurunkan berat badan hingga mencegah flu. Penelitian terbaru menunjukkan minum 2 cangkir teh hijau setiap hari mampu menjauhi risiko orang terkena flu hingga 70 persen.
Peneliti Jepang, Hiroshi Yamada, MD, Ph.D. menemukan dua zat utama dalam teh hijau yang mampu menjaga tubuh dari ancaman flu yakni catechin dan theanine. Keduanya adalah antioksidan yang sangat berguna untuk melawan penyakit.

 
Peneliti meminta partisipan untuk minum pil yang mengandung 378 mg catechin (setara dengan 2 cangkir teh hijau) dan 210 mg theanine (setara dengan 4 cangkir) selama 5 bulan setiap hari. Tetapi hasilnya hanya 4 persen saja bisa menjauhi risiko jauh dari flu.Tapi hal yang berbeda terjadi ketika partisipan diminta minum langsung 2 cangkir teh hijau setiap hari. Hasilnya partisipan bisa menjauhi risiko terkena flu hingga 70 persen.
“Catechins mampu mengikat virus influenza. Sedangkan i diyakini mampu meningkatkan imunitas,” kata Dr. Yamada seperti dilansir dari MensHealth.com, Senin (7/3/2011).

 

Untuk mendapatkan manfaat minum 2 cangkir teh hijau itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :

1. Teh berupa rebusan daun lebih baik dari teh dalam kantung.
Para ahli mengatakan teh dalam bentuk daun yang direbus memiliki konsentrasi senyawa catechin dan theanine yang lebih tinggi dibanding teh yang diseduh dari kantung.

 

2. Seduh teh dalam air yang panas dan lama.
Menyeduh teh hijau dalam waktu yang lama pada suhu air lebih dari 100 derajat celcius mampu meningkatkan konsentrasi catechin.

 

 

3. Jangan ganti teh hijau dengan yang lain.
Teh hijau memiliki kadar senyawa catechin dan theanine yang paling tinggi dibanding teh jenis lain untuk pencegah flu. Namun jika terpaksa tidak ada teh hijau dalam persediaan Anda, teh putih dan teh oolong bisa jadi alternatif penggantinya.

Dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry disebutkan teh hijau banyak mengandung catechin, antioksidan yang sangat berguna untuk melawan penyakit. Teh hijau juga kaya vitaminseperti A, B1, B12, C, E dan K. Teh hijau juga mempunyai mineral seperti kalsium, besi, seng, dan lain-lain. Beberapa bahan lain dalam teh hijau adalah asam gallic, minyak asiri, karoten, serat makanan larut dan kecil jumlah karbohidrat.

 

 

Manfaat kesehatan lain dari minum teh hijau :

  • Teh hijau kaya akan antioksidan yang membantu menurunkan kolesterol dan menjaga tekanan darah.
  • Minum teh hijau bisa menyembuhkan pilek dan batuk.
  • Teh hijau membantu dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit.
  • Teh hijau juga berfungsi sebagai bakterisida dan menghancurkan bakteri penyebab plak dan kerusakan gigi.
  • Teh hijau kaya epigallocatechin gallate (EGCG), yang merupakan anti oksidan kuat dan membantu dalam mencegah dan menghancurkan sel-sel kanker.
  • Teh hijau juga dikenal untuk mencegah penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan penyumbatan arteri.
  • Teh hijau berfungsi sebagai penghalau stres dan membantu mengendurkan saraf. Ia juga dikenal untuk mencegah penyakit kognitif seperti demensia dan amnesia.
  • Teh hijau membantu meredakan gejala-gejala menopause tertentu seperti perubahan suasana hati dan gangguan tidur.
  • Minum teh hijau membuat kulit bersinar, rambut sehat dan mengurangi tanda-tanda penuaan seperti keriput, bintik-bintik, dan sebagainya.