Generasi Yang Dipersiapkan

Oleh: Djohan Handojo

Sama seperti Raja Philip yang mempersiapkan anaknya Alexander untuk berhasil dalam kehidupan ini, demikian juga dilakukan Naftali dalam pergumulannya.

Dalam Kejadian 46:24 dikatakan,”Anak-anak Naftali ialah Yahzeel, Guni, Yezer dan Syilem.”

Pada umumnya, tujuan orang tua memberi nama kepada anak-anak mereka, pastilah karena ada tujuan dari orangtua tersebut. Demikian pula dengan Naftali nama dari ke-4 anaknya pastilah merupakan representasi dirinya ketika menghadapi masalah.

Anak pertama Naftali diberi nama Yahzeel, yang artinya Tuhan sudah menyediakan perkenananNya untuk kita.

Saat menghadapi pergumulan, Anda harus menyadari bahwa Tuhan sudah menyediakan berkat dan perkenananNYa di depan hidup Anda. Seperti halnya mengikuti suatu perlombaan, tentunya Anda sudah mengetahui dengan pasti bahwa panitia sudah menyediakan hadiah bagi pemenangnya. Begitu juga ketika Anda bertekun dalam pergumulan, Anda harus menyadari bahwa Tuhan sudah mempersiapkan berkat bagi Anda. Jika Tuhan sudah mempersiapkan banyak hal dalam kehidupan Anda, mengapa anda masih belum mendapatkannya? Hal ini berbicara soal waktunya Tuhan. Waktu Tuhan adalah waktu yang terbaik. Namun selama menunggu waktunya Tuhan, kita memiliki iman bahwa Tuhan sudah mempersiapkan yang terbaik. Waktunya Tuhan adalah waktu yang tepat bagi kehidupan Anda.

Anak kedua Naftali adalah Guni yang artinya Tuhan sanggup menjaga dan melindungi.

Saat mengalami pergumulan, Anda harus percaya bahwa Tuhan sanggup melindungi dan menjada hidup Anda, Dalam menjalani kehidupan ini tahukah Anda bahwa Tuhan selalu memegang kehidupan Anda sehinga Anda tidak bisa lepas dari tanganNya? Seandainya saja Anda yang memegang tangan Tuhan sewaktu-waktu bisa saja pegangan Anda terlepas. Kalau Anda percaya bahwa ada Tuhan yang memegang kehidupan Anda maka seharusnya tidak ada yang perlu Anda takutkan karena Tuhan sepenuhnya memegang kendali atas seluruh kehidupan Anda.

Anak ketiga Naftali diberi nama Yezer yang artinya hikmat dan pemikiran dari Tuhan akan mengalir.

Sewaktu mengalami pergumulan, apakah Anda percaya bahwa Tuhan akan memberikan tuntunan dalam bentuk hikmat bagi kehidupan Anda untuk menang mengatasi pergumulan? Jika Anda sunguh-sungguh berdoa meminta hikmat dan tuntunan dari Tuhan maka saat itulah Tuhan akan member tuntunan bagi setiap pergumulan Anda.

Anak keempat Naftali diberi nama Shillem yang artinya damai sejahtera.

Tuhan bukan saja menjanjikan kemenangan dalam setiap pergumulan, melainkan IA juga memberikan damai sejahtera saat Anda sedang mengalami pergumulan. Damai sejahtera yang sesungguhnya tidak berbicara tentang situasi atau kondisi. Damai sejahtera yanhg sesungguhnya berbicara tentang Tuhan yang ada dalam hati Anda.

Jika Tuhan menyertai Anda maka Anda tidak perlu takut dalam situasi apapun. Tuhan sudah menjanjikan sesuatu yang berharga di masa depan kehidupan Anda yang saat ini sedang mengalami pergumulan. Itulah sebabnya Rasul Paulus berani berkata bahwa seorang yang berada dalam pertandingan pasti memperoleh hadiah yang sudah disediakan.

Setiap orang tentunya tidak menyukai sesuatu yang namanya ujian karena biasanya akan menimbulkan suatu ketidaknyamanan di hati seperti rasa takut gagal, takut tidak lulus dan sebagainya. Seandainya saja dalam ujian tersebut ada pengumuman yang menyatakan bahwa apapun hasil ujiannya, Anda dijamin lulus, bagaimana respon Anda? Tentu akan membuat Anda lega dan dengan penuh keyakinan Anda dapat menikmati bahkan melewati ujian tersebut.

Naftali mengalami pergumulan sejak awal kehidupannya namun akhirnya, ia mendapatkan yang terbaik karena ia tahu Tuhan sudah menyediakan perkenanan baginya, Tidak hanya itu Tuhan juga menyertainya bahkan Tuhan memberikan hikmat dan damai sejahtera bagi Naftali dan generasi di bawahnya.

Ada suatu jenis rumput yang mengeluarkan bunga namanya bunga Dandelion. Bunga ini berwarna kuning dan memiliki ciri khas selalu menghadap ke matahari dan tingginya diatas rata-rata. Tuhan menginginkan Anda seperti bunga Dandelion ini, memiliki mata yang selalu tertuju kepada Tuhan dan berdiri di atas pergumulan Anda , karena Anda percaya akan kemampuan dan pertolongan dan juga janji Tuhan yang disediakanNya ketika Anda bertekun.

Apabila hari-hari Anda sering merasa ragu akan kebaikan Tuhan, cobalah selidiki sudah berapa banyak kebaikan Tuhan yang sudah Anda alami. Apakah Anda sering kali melupakan pertolongan, perlindungan dan hikmat Tuhan yang senantiasa menyertai kehidupan Anda? Seandainya saja Anda menyediakan waktu untuk memperhatikan dengan seksama semua kebaikan Tuhan  setiap harin dalam hidup Anda maka niscaya Anda akan menghadapi setiap pergumulan Anda dengan suatu semangat dan pengharapan yang baru.

Ps.Djohan Handojo adalah Gembala Apostolik Gereja Betahny Church Singapore dan GBI City Tower Jakarta; Chairman Transform World Connection, Global Mission Advisory dari Regent University USA.

(sumber: Favor with a Purpose)