Ministry Yang Tuhan Mau

Oleh: Yonathan Wiryohadi

Bagaimana membangun ministry yang sesuai dengan arahan TUHAN? Hal ini penting agar Anda tidak menjadi seperti orang-orang Babel ribuan tahun lalu .

Ada empat hal yang harus Anda hindari dalam membangun ministry:

1.Inisiatip datang dari manusia

Dalam Kejadian 11:4 kita membaca bahwa orang Babel membangun menara yang tingginya sampai ke langit. Ketika mereka berkata,”Marilah kita…” itu berarti mereka membangun bukan berdasarkan arahan TUHAN. Mereka mempunyai inisiatip sendiri untuk membangun kota. Anda harus membangun ministry jika TUHAN yang memberikan calling bagi Anda. Jangan pernah membangun ministry semata-mata karena inisiatip dari diri sendiri karena Anda tidak akan pernah kuat untuk bertahan lama. Anda harus melakukan apapun sesuai dengan calling yang TUHAN tetapkan sehingga dengan demikian ministry yang dibangun bisa berdampak maksimal.

2.Untuk kepentingan sendiri

Mereka bukan hanya berkata “marilah kita” tetapi juga berkata “Marilah kita dirikan bagi kita…” yang artinya mereka membangun kota untuk kepentingan diri mereka sendiri. Mereka tidak membangun kota untuk tegaknya Kerajaan Allah. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda membangun ministry untuk  kepentingan Kerajaan Allah di lingkungan kota Anda? Atau untuk kepentingan pribadi Anda atau kelompok Anda atau gereja Anda?

3.Membangun puncak sampai ke langit

Mereka membangun menara untuk menyamai TUHAN. Ini sejalan dengan sifat Lucifer yang selalu ingin menandingi TUHAN (Yesaya 14:13-17). Bagaimana dengan Anda? Apakah ada kepentingan terselubung dalam hati Anda dalam membangun ministry? Apakah untuk popularitas Anda? Apakah ada motivasi tertentu? Kalau ini yang ada dalam diri Anda maka ministry tersebut tidak akan bertahan lama.

4.Mencari nama

Mereka membangun menara yang tinggi untuk popularitas diri mereka. Tuhan mau supaya Anda dalam membangun ministry hanya untuk kemuliaan nama TUHAN saja. Kalau Anda ingin mendapatkan pengakuan manusia maka Anda mendapatkannya di bumi. Sebaliknya, jika Anda membangun ministry yang datangnya dari TUHAN maka sudah tentu ministry itu akan berdampak maksimal bagi lingkungan dan kota Anda.

Kalau ada ministry yang dibangun di atas keempat dasar yang salah maka pada akhirnya TUHAN yang akan menghancurkannya. TUHAN akan mencerai-beraikannya. Sebaliknya, TUHAN akan membela habis-habisan ministry yang dibangun dengan motivasi yang benar.

Mulai saat ini selidikilah hati Anda supaya Anda mempunyai tujuan yang mulia untuk mengubah komunitas  atau kota Anda melalui ministry yang Anda bangun. Setiap ministry yang benar tidak akan berhenti meskipun Anda telah meninggal dunia. Anak cucu Anda nanti akan menyaksikan dampak dari ministry yang Anda bangun.  Itu sebabnya bangunlah ministry  sesuai dengan rencana besar dari TUHAN sehingga pergerakan ministry Anda efektip dalam menjangkau dan memenangkan banyak jiwa.

 

Pdt.Ir.Yonathan Wiryohadi MTh, Gembala GBI WTC Serpong,Tangerang.

 

(sumber:  City Builder)